Pemimpin Sederhana

“Allah akan bertanya pada setiap pemimpin atas apa yang ia pimpin, apakah ia memperhatikan atau melalaikannya” (HR. Ibnu Hibban).

Dalam sejarah, pemimpin yang hidup sederhana lebih dicintai rakyat, bahkan dikenang sepanjang masa, ketimbang yang suka hidup bermewah-mewah. Seperti halnya Khalifah Umar bin Abdul Aziz. Bahkan beliau memiliki suatu slogan: “Hidup sederhana yang paling baik ialah di saat kita kaya.”

Bahkan, saat ditanyakan mengapa beliau tidak bermewah-mewahan, seperti tidak menggunakan pakaian mewah. Padahal pada saat itu, Umar adalah seorang khalifah atau pemimpin besar umat, yang memungkinkan untuk bergaya hidup mewah. Meskipun bergaya hidup sederhana, Umar tetap mencurahkan segenap pikirannya untuk kemaslahatan rakyat tidaklah sederhana, sehingga rakyatnya hidup sejahtera selama beliau memerintah.

Gaya hidup Khalifah Umar bin Abdul Aziz sepatutnya ditiru oleh pemimpin-pemimpin sekarang. Apalagi tidak sedikit masyarakat sekarang yang hidup dalam keadaan miskin, bahkan di bawah garis kemiskinan yang ditetapkan. Dengan sedikit memberikan perhatian kepada kemewahan diri, akan membuka kesempatan besar untuk memikirkan kehidupan rakyat.

Apalagi setiap pemimpin adalah penguasa yang akan diminta pertanggungjawaban terhadap yang dipimpinnya. Menurut Nabi SAW, “Sesungguhnya kekuasaan itu adalah amanah dan kekuasaan itu di hari kiamat kelak akan menjadi sumber kesedihan dan penyesalan, kecuali bagi orang yang mengambilnya dengan benar dan menyampaikan kepada mereka yang semestinya” (HR Muslim). Karena tanggung jawab besar dan panjang itulah, sebahagian pemimpin sukses terdulu malu untuk hidup mewah di saat rakyatnya melarat dan merasa malu kembali kepada Allah sebelum menyelesaikan urusan-urusannya dengan rakyat secara baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s