Menyerupai Suatu Kaum

“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum maka ia termasuk golongan mereka” (HR. Imam Ahmad).

Dalam menghadapi sesuatu dalam hidup ini, meniru sering menjadi suatu pilihan.  Dalam hal shalat, misalnya, kita disuruh untuk meniru cara Nabi Muhammad melakukannya. Meniru juga pernah dilakukan anak Nabi Adam ‘alaihissalam, yang bernama Qabil.  Menurut suatu riwayat, ketika bingung bagaimana cara memperlakukan mayat saudaranya, Habil, Qabil meniru perilaku seekor burung gagak.  Bukan hanya pada masa itu, upaya-upaya meniru juga berlangsung hingga sekarang.

Peluang meniru sangat terbuka di zaman sekarang ini. Apalagi ditunjang dengan perkembangan teknologi yang telah memungkinkan setiap orang untuk bertukar informasi dalam waktu cepat tanpa batas.  Tak terhambat lagi oleh batas-batas negara, jarak, dan waktu.  Akibat penyebaran dan penyerapan informasi yang membanjiri dunia itu, banyak orang yang salah membuat keputusan untuk hidupnya.  Sebahagiannya meniru kebiasaan atau perilaku orang-orang yang berputus asa dari rahmat Allah.  Juga meniru kebiasaan hidup orang-orang yang menggemari perbuatan-perbuatan ingkar.

Padahal cara hidup dengan meniru kebiasaan buruk itu bukan tidak menimbulkan bahaya besar. Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam mengingatkan tentang bahaya terhadap kebinasaan iman akibat meniru atau menyerupai kaum tak beriman.  Siapa saja yang melakukannya, maka disadari atau tidak akan termasuk ke dalam golongan tersebut.  Bukan hanya itu, akan bertambah-tambah dosa bila nantinya perbuatan tersebut ditiru lagi oleh orang-orang yang menggemarinya. Bila tiru-meniru kebiasaan buruk ini berlanjut hingga akhir zaman, maka dosa pun akan mengalir dahsyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s