Membela Yang Benar

“Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu kitab dengan benar, supaya kamu menghukum di antara manusia dengan (faham) yang Allah beritahukan kepadamu, dan janganlah kamu menjadi pembela orang-orang yang khianat” (QS. An Nisaa’: 105).

Jika harus memilih antara membela kebenaran atau membela kelompok sendiri, banyak orang sekarang memilih pilihan yang kedua.  Berbeda dengan Rasulullah SAW, yang senantiasa membela kebenaran.  Seperti zamannya pernah terjadi suatu pencurian yang dilakukan seorang Muslim.

Namun, pihak keluarga yang mencuri itu berusaha mengelak dengan menuduh seorang non Muslim sebagai pelakunya.  Untuk itu, mereka mengadukannya kepada Nabi Muhammad SAW dengan harapan akan mendapat pembelaan. Juga berharap Rasulullah membebaskannya dari segala tuduhan dan hukuman.

Namun, Rasulullah SAW tetap berpegang kepada kebenaran.  Yang bersalah, tetap salah, meskipun dari kalangan penganut agamanya. Yang benar tetap benar, meskipun dari kalangan non muslim. Apalagi setelah turun ayat yang menyingkap kejahatan itu.  Lantas beliau membebaskan orang non muslim itu dari segala tuduhan yang direkayasa itu. Dan, beliau juga benar-benar menghukum pelaku pencurian yang sesungguhnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s