Bersaudara

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kalian dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” (QS. Al Hujuraat: 13).

Seringkali setiap kali terjadi musibah, perasaan bersaudara dengan sesama insan di mana saja mencuat lagi.  Muncul perasaan sedih dan tergugah ingin segera membantu meringankan beban, meskipun berada di lokasi yang berjauhan.  Perasaan-perasaan seperti itu menghilangkan sekat-sekat suku, bangsa, negara, status sosial, dan berbagai sekat pembeda lainnya.  Perasaan yang mengikat batin seperti itu sangatlah wajar, apalagi kalau dirunut jauh ke belakang, sesungguhnya setiap kita sangat erat bersaudara.

Sebagaimana diingatkan dalam Alquran, kita berasal dari nenek moyang yang sama.  Yaitu, Nabi Adam dan Siti Hawa. Allah pun tidak memandang pada negara kita dilahirkan, juga tidak pada status sosial yang disandang, meskipun sebahagian orang salah kaprah mengagung-agungkan keturunannya.  Yang sangat diutamakan oleh Allah, sebagaimana diingatkan dalam Alquran, ialah yang paling bertakwa.

Bila semua hamba mengikuti apa yang diutamakan Allah, yaitu mementingkan ketaqwaan, akan damai dan tenteramlah dunia ini.  Apalagi ketika seseorang berada pada dan berhasil mempertahankan derajat taqwanya, tak ada lagi hasrat untuk mengambil yang bukan hak, perbuatan yang selama ini banyak memunculkan permusuhan.  Yang ada adalah berlomba memanfaatkan waktu untuk beramal, dan takut kalau amalan tidak diterima Allah. Termasuk beramal dengan membantu saudara yang sedang tertimpa musibah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s