Doa

TIDAK terasa kita telah berada pada fase akhir Ramadhan, beberapa hari lagi bulan mulia ini akan berakhir dan tiba saatnya hari kemenangan bagi orang-orang yang menjalankan ibadah berpuasa, yakni Idul Fitri.

Hari ini, masih bagian dari sepuluh hari terakhir di mana para shaimin atau orang-orang yang sedang berpuasa dianjurkan lebih mendekatkan diri, memaksimalkan doa untuk terkabulnya semua hajat kita selama ini.

Pada sepuluh hari terakhir ini, Kita dianjurkan untuk memperbanyak doa dan menyempurnakan setiap ibadah kita untuk hasil yang diridhai Allah SWT, sehingga selesai Ramadhan nanti kita benar-benar termasuk kepada golongan para pemenang. Pada sepuluh hari terakhir ini, kita disunnahkan untuk beritikaf, berdiam diri di masjid dan memperbanyak doa serta amaliyah sunnah lainnya. Sebab, pada fase ini ada malam kemuliaan, malam seribu kebaikan, malam yang nilainya seribu kali malam-malam lainnya.

Berdoa adalah perintah Allah yang akan dikabulkan jika doa itu dipanjatkan dengan sungguh- sungguh dan tatacara yang benar. Tidak mau berdoa berarti cerminan orang yang sombong. Sombong kepada Allah Swt merupakan dosa besar dan mendapat ancaman neraka. “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.

Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam Keadaan hina dina.” (QS: Al-Mu’min 40:60)

Mengapa kita harus terus berdoa pada setiap usaha yang kita kerjakan? jawabannya tentu karena kita hanyalah manusia yang diharuskan berikhtiar, berusaha dalam segala urusan dan menyempurnakannnya dengan doa, karena doa itu senjatanya orang mukmin dan merupakan inti ibadah (muhul ibadah).

Setiap kegiatan bisnis dan usaha kita merupakan amalan shaleh yang harus disempurnakan dengan doa. Orang-orang yang sukses adalah mereka yang menyertai setiap usahanya dengan kesempurnaan doa yang dipanjatkan. Begitu juga sebaliknya, kehancuran, kegagalan, dan keterlambatan untuk sukses biasanya ada doa yang belum terkabul atau bahkan tidak ada doa yang dirutinkan setiap harinya.

Karena doa adalah senjata orang mukmin, mari kita sempurnakan doa-doa kita untuk meraih kesuksesan hidup di dunia dan dengan kesuksesan itu akan mengantarkan sukses di akhirat kelak. Masih ada sisa waktu di sepuluh hari terakhir ini dan belum terlambat untuk menyempurnakan yang kurang dari ibadah kita saat ini. Sebab, kesempurnaan doa dan kesempurnaan ibadah adalah jalan untuk membuka pintu-pintu rezeki dan keberhasilan atas setiap sesuatu yang kita usahakan.

Mari kita berdoa agar puasa kita diterima dan semua doa untuk kesempurnaan usaha kita dapat segera terkabul. Amin! Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s