Semangat Muda

“Hati orang yang sudah tua dapat menjadi lupa akan usianya bila ia terlalu mencintai hidup dan harta bendanya” (HR. Muslim).

Lazimnya di usia tua, sebahagian insan turun drastis semangat hidupnya. Dengan kondisi fisik dan pikiran yang semakin lemah, dirasakan tak memungkinkan lagi untuk meraih harapan seperti yang diraih di kala masih muda. Namun tidak demikian bagi orang-orang yang memperhambakan diri dalam mengejar duniawi.

Diingatkan bahwa hamba semacam ini akan tetap bergelora semangatnya.  Lupa usia telah senja.  Bahkan, karena dahsyatnya keinginan untuk meraih kedudukan dan harta dunia, apapun dijadikan modal.  Agama pun kerap dikorbankan.  Simbol-simbolnya digunakan untuk mengelabui.

Namun sebenarnya bukan tidak boleh bersemangat muda di usia senja. Bahkan di saat usia tinggal sehari pun, dianjurkan untuk tetap bersemangat karena masih memungkinkan meraih harapan. Seperti menanam  kebaikan kecil, tetapi menumbuhkan harapan besar.  Sebagaimana dikatakan, jika seseorang mengetahui esok hari ia akan mati dan di tangannya ada sebatang pohon, maka hendaklah menanamnya.  Memang hasilnya tidak bisa dirasakan lagi, tetapi ada makhluk lain yang akan menikmatinya.  Sehingga pahala akan mengalir kepada yang menanamnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s